Skip to main content

Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan)

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan adalah kecemasan yang berlebihan yang dialami oleh seseorang, dan mengalami nya cukup sering, sehingga mengganggu aktivitas sehariannya. Wajar bagi manusia mengalami kecemasan, tapi jika anda mengalaminya terlalu sering dan berlebihan hingga mengakibatkan gangguan fisik, bisa jadi anda mengalami Gangguan kecemasan atau Axienty disorder.

Berikut tanda-tanda anda mengalami Axienty disorder : 
 - Insomnia
 - Merasa lelah, gelisah, dan badan merasa lemah.
 - Merasa selalu ketakutan dan panik
 - Detak jantung dengan cepat
 - Napas terburu-buru
 - Kepala pusing
 - Berkeringat dan gemetar
 - Perut mulas

 Ya, seperti saat anda inginn mempresentasikan sesuatu atau menjadi seorang Public Speaker anda merasa mules, kepala pusing serta keringat dingin yang bercucuran karena anda merasa cemas dan ketakutan yang sangat berlebihan. Jika anda mengalami hal tersebut ada baiknya anda mengkonsultasikan kepada Psikolog.


Adapun berbagai macam Gangguan kecemasan, yaitu 

Gangguan panik atau panic disorder: Rasa takut yang tiba-tiba dan berulang yang disertai dengan keringat, nyeri dada, dan detak jantung yang tidak teratur. Serangan panik dapat terasa seperti serangan jantung.
Gangguan kecemasan sosial atau social anxiety disorder: orang yang menderita kondisi ini merasa kewalahan dengan situasi sosial. Sumber dari kecemasan adalah rasa takut akan dihakimi atau malu di depan orang lain.
Fobia spesifik: kecemasan yang intens terhadap suatu hal yang spesifik (ketinggian, sebagai contoh) yang menyebabkan orang tersebut menghindari sumber ketakutan.
Gangguan kecemasan umum: rasa takut yang tidak realistis yang dapat muncul tiba-tiba tanpa alasan.


Apa penyebab dari Gangguan Kecemasan? 

Kondisi tersebut dapat dikarenakan oleh kejadian traumatis di masa lalu, masalah kesehatan, obat-obatan tertentu, atau stress dalam jangka panjang. Gangguan kecemasan dapat menyebabkan komplikasi serius seperti:
 - Depresi
 - Penyalahgunaan zat
 - Insomnia
 - Rasa sakit fisik
 - Penarikan diri dari lingkungan
 - Bunuh diri.

Comments

Popular posts from this blog

ANDA MERASA GELISAH MENDENGAR SUARA BISING? BISA JADI HIPERAKUTIS!

Apa itu hiperakusis? Hiperakusis adalah sebuah gangguan pendengaran yang menyebabkan seseorang jadi terlalu peka saat menangkap suara. Orang yang mengidap hiperakusis akan menerima suara dalam tingkat yang lebih keras daripada orang lain. Pada setiap orang yang mengidap hiperakusis, bentuknya bisa berbeda-beda. Sebagai contoh, ada orang yang terlampau peka terhadap suara tangisan anak kecil tapi bisa menerima suara musik yang terlalu keras. Ada juga orang yang tidak tahan dengan suara dentingan alat makan tapi tidak begitu merasa terganggu dengan suara gergaji mesin. Namun, ada juga pengidap kondisi ini yang sama sekali tidak tahan dengan suara berisik, apa pun itu sumbernya. Beberapa orang dengan hiperakusis bahkan akan merasa sangat tidak nyaman dengan suara-suara normal yang ada di sekitarnya sehari-hari. Hiperakusis yang cukup parah bisa sangat mengganggu aktivitas harian pengidapnya. Kasus hiperakusis termasuk kondisi yang jarang ditemukan di seluruh dunia. Prevalensinya a

Trip to Japan

Siapa sih yang gak tau Jepang? Jepang adalah negara yang paling maju di Asia dan dikenal sebagai Negeri Sakura. Selain budaya nya yang banyak, dan mahir di bidang elektronik Jepang juga maju di bidang Parawisatanya gan. Banyak orang luar negeri termasuk orang Indonesia yang kagum dengan negeri ini bahkan kalo ke Tokyo bule sama orang Jepang disana udah kayak mau seimbang deh. Nah, berikut ini aku bakal list tempat-tempat yang bagus kalo agan agan ada niat pergi ke Jepang. 1. HIROSHIMA PEACE MEMORIAL PARK Hiroshima Peace Memorial Park merupakan sebuah kawasan yang dikhusukan untuk mengenang tragedi bom atom yang mengguncang kota Hiroshima pada tahun 1945. Sebelum dihancurkan oleh bom atom, Hiroshima adalah kawasan pusat bisnis dan politik kota. Hal ini jugalah yang membuatnya menjadi target operasi saat itu. Saat ini, taman seluas 120.000 meter persegi ini menjadi pemandangan yang sangat kontras di Hiroshima. Taman luas yang dikelilingi gedung bertingkat ini menjadi salah satu l

Apa itu depresi?

Kebanyakan orang merasakan sedih atau depressi pada saat tertentu. Ini reaksi yang normal untuk menjalankan masalah-asalah yang dialami pada kehidupan seseorang. Tapi ketika sedih nya berkepanjangan dan tak henti-henti hingga merasakan tak dapat tertolong seakan akan itu akhir dari hidup dan merasakan tak berguna hingga anda merasa tak layak untuk hidup. Perasaan ini tak kunjung henti hingga berhari-hari, bahkan bertahun-tahun. Ini bisa memungkinkan anda merasakan lebih dari kesedihan biasa. Anda dapat mendatangi rumah sakit untuk berkonsultasi kepada ahli dan mendapat beberapa perawatan. Bagaimana cara mengetahui jika saya Depresi? Menurut DSM-5, seorang dokter dapat mengadogniosa kan penyakit mental. Anda mempunyai penyakit Depresi ketika anda merasa sedih lebih dari 5 hari atau lebih dai 2 minggu dengan adanya tanda-tana berikut; Mood yang sangat buruk, apalagi pada pagi hari Anda merasa lelah atau mempunyai energi yang terlalu banyak dalam sehhari. Anda selalu menyalah